BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Jenis media pembelajaran cukup banyak, baik yang
berupa pisik maupun non pisik.masing-masing media pembelajaran juga memiliki
karakteristik yang melekat padasetiap jenis media tersebut.ada media
tradisional ada juga yang modren ada media proyeksi ada juga media non
proyeksi, ada media pisual, media audio, media kenistetik, serta jenis lainnya.
Banyak sekali jenis media pembelajaran yang kita
pelajari, namun sedikit sekali media yang kita gunakan di dalam kelas.media yang
sering digunakan didalam kelas diantaranya:overhead projector, gambar, model,
papan tulis, dan buku.sedangkan media lain seperti video, film, kased
audio, atau film bingkai relatif jarang
digunakan, meskipun benda-bemda ini tidak asing lagi kebanyakan guru.
Meski demikian, ada baiknya ditelaah jenis-jenis media
pembelajaran degan harapan hal ini akan memacu kita untuk berusaha untuk
mengadakan dan menggunakan didalam kelas kita
B.
Rumusan masalah
1.
Jelaskan jenis
media pembelajaran yang ditinjau dari tampilannya?
2.
Jelaskan jenis
media pembelajaran yang ditinjau dari jenis penggunaannya?
Bab II
Jenis-jenis
dan karakteristik
Media
pembelajaran
A.
Jenis
media ditinjau dari tampilan
1.
Media
visual
Mendia visual merupakan media yang paling familiar dan sering
dipakai oleh guru dalam melakukan pembelajaran. Media berbasis visual memegang
peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran.[1]
Ada beberapa
frinsif umum yang perlu diketahui untuk
penggunaan media berrbasis visual
a.
Usahakan
visual itu sederhana
b.
Visual
digunakan untuk menekankan informasi, sehingga pembelajaran dapat terlaksana
dengan baik.
c.
Gunakan
grafik untuk menggambarkan ikhtisar keseluruhan materi sebelum penyajian unit
demi unit pelajaran untuk digunakan oleh siswa dalam mengorganisasikan
informasi
d.
Ulangi
penyajian visual dan lubatkan siswa
e.
Gunakan
gambar untuk melukiskan perbedaan
f.
Hindari
visual yang tidak berimbang
g.
Tekankan
kejelasan dan ketepatan dalam semua visual
h.
Visual
yang diproyekskan harus dapat terbaca
i.
Unsur
visual dalam pesan harus ditonjolkan
j.
Warna
harus digunakan secara realistik
Pemilihan dan penggunaan media visual perlu memperhatikan hal-hal
sebagai berikut :
a.
Visualisasi
harus mencerminkan kenyataan
b.
Mempertimbangkan
mutu teknis
c.
Keterampilan
guru dan ketersediaan
a.
Gambar/foto
Media gambar adalah media yang merupakan produksi bentuk asli dalam
dua dimensi, yang berupa foto atau lukisan ( rohani, 1997:21). Tujuan utama
penampilan sebagai jenis gambar ini adalah untuk memvisualisasikan konsep yang
ingin disampaikan kepada siswa ( arsyad, 2006: 113 )
Kelebihan media gambar
1.
Sifatnya
konrit
2.
Gambar
dapat membatasi batasan ruang dan waktu
3.
Dapat
mengatasi keterbatasan pengamatan kita
4.
Memperjelas
suatu masalah
5.
Harganya
murah dan gampang didapat
Kelemahan media gambar
1.
Gambar
hanya menekankan persepsi indra mata
2.
Gambar
benda yang terlalu komplek kurang efektik untuk kegiatan pembelajaran
3.
Ukurannya
sangant terbatas untuk kelompok besar
Syarat yang perlu dipenuhi untuk gambar/foto yang baik yang dapat
dijadikan sebagai media pembelajaran
1.
Otentik
2.
Sederhana
3.
Ukuran
relatif
4.
Mengandung
gerak atau perbuatan
Beberapa jenis
media gambar ( usman, 2002: 51 ) :
1.
Foto
dokumentasi yaitu gambar yang mempunyai nilai sejarah bagi individu maupun
masyarakat
2.
Foto
aktual yaitu gambar yang menjelaskan suatu kejadian yang meliputi berrbagai
aspek kehidupan
3.
Poto
pemandangan, yaitu gambar yang melukiskan pemandangan suatu daerah/ lokasi
4.
Foto
iklan/reklame yaitu gambar yang digunakan untuk mempengaruhi orang atau masyarakat
5.
Foto
simbolis, yaitu gambar yang menggunakan bentuk simbol atau tanda yang
mengungkapkan pesan tertentu dan dapat mengungkapkan kehidupan manusia yang
mendalam.
b.
Sketsa
Sketsa adalah gambar yang sederhana, yang melukiskan bagia bagian
pokok tanpa detail, sketsa dapat dibuat secara cepat, dalam membuat sketsa ciri
utama objek, aksi atau situasi yang harus dilukiskan harus tetap ada
Bentuk suatu objek yang sederhanapun dapat dilukiskan dengan sketsa
tanpa mengkawatirkan penapsiran yang keliru dari siswa ( arsyad, 2006: 116).
c.
Diagram
Diagram merupakan susunan garis-garis dan meyerupai peta daripada
gambar. Diagram sering juga digunakan untuk meningkatkan letak bagian-bagian
sebuah alat atau mesin serta hubungan suatu bagian dengan bagian yang lain ( usman,
2002: 43).
Ciri-ciri giagram
1.
diagram
bersifat simbolis dan abstrak sehingga kadang-kadang sulit dimengerti
2.
untuk
dapat membaca diagram seseorang harus mempunyai latar belakang tentang apa yang
di diagramkan
3.
walaupun
sulit dimengerti, karena sifatnya yang padat, diagram dpat memperjelas arti
diagram
yang baik sebagi media pembelajaran :
1.
benar,
diagram rapi, diberi titel, label dan penjelasan-penjelasan tertentu
2.
cukup
besar dan ditempatkan secara strategis
3.
penyusunan
disesuaikan dengan pola membaca yang umum yaitu dari kiri kekanan dan dari atas
kebawah (sadiman, 2005: 35)
d.
bagan
/ chart
media bagan/chart suatu media pengajaran yang penyajiannya secara
diagramatik degan menggunakan lambang-lambang visual, untuk mendapatkan
sejumlah informasi yang menunjukkan perkembangan ide, objek, lembaga, orang, (
usman, 2002: 32)
arief s. Sadiman ( 2005: 35 ) mengembangkan bahwa sebagai media
yang baik. Bagan sebaiknya :
1.
dapat
dimengerti anak
2.
sederhana
dan lugas, tidak rumit atau berbelit belit
ada
beberapa jenis bagan
·
bagan
pohon
·
bagan
organisasi
·
bagan
alir
·
bagan
garis
e.
grafik
grafik adalah penggambaran data berangka, bertitik, bergaris,
bergambar yang memperlihatkan hub timbal balik informasi secara statistik (
sabri, 2005 : 115 )
fungsi grafik adalah untuk menggambarkan data kualitatif secara
teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan sesuatu objek atau
peristiiwa yang saling berhubugan secara singkat dan jelas.
Kelebihan grafik
1.
bermanfaat
untuk menerangkan data kuantitatif dan hubungan hubungannya
2.
kemungkinan
pembaca untuk memahami data yang disajikan dengan cepat dan menyeluruh, baik
dalam bentuk ukuran jumlah pertumbuhan atau arah suatu kemajuan
3.
penyajian
angka lebih cepat, jelas, menarik, ringkas dan logis.
Beberapa jenis grafik
1.
grafik
garis atau kurva
2.
grafik
batang
3.
grafik
lingkaran
4.
grafik
simbol
f.
kartun
kartun adalah suatu gambar interpretatif yang menggunakan
simbol-simbol untuk menyampaikan suatu pesan secara cepat dan ringkas atau
suatu sikap terhadap orang, situasi,atau kejadian-kejadian tertentu .
g.
poster
poster merupakn penggambaran yang ditujukan sebagai pemberitahuan,
peringatan, maupun penggugah selera yang biasanya berisi gambar- gambar (
sabri, 2005: 115 )
ciri-ciri poster yang baik menurut Arief S Sagiman ( 2005: 47),
adalah :
1.
sederhana
2.
menyajikan
suatu ide dan untuk mencpai suatu tujuan pokok
3.
berwarna
4.
tulisannya
jelas
5.
motif
dan desain berpariasi
h.
peta
dan globe
peta adalah penyajian visual dari muka bumi. Sedangkan globe adalah
bola dunia atau model ( syukur, 2005 : 31 )
kelebihan peta dan globe dipakai sebagai media dalam pembelajaran
adalah :
1.
memungkinkan
siswa menerti posisi dari kesatuan politik, daerah kepulauan dan lain-lain
2.
merangsang
minat siswa terhadap penduduk dan pengaruh-pengaruh geografis
3.
memungkinkan
siswa memperoleh gambaran
2.
media
audio
media audio adalah media yang penggunaannya menekankan pada aspek
pendengaran.
a.
radio
radio merupakan alat elektronik yang dapat digunakan untuk
mendengarkan berita yang bagus dan aktual, dapat mengetahui beberapa kejadian
dan peristiwa peristiwa penting yang baru.
Kelebihan radio
1.
harganya
relatif murah
2.
sifatnya
mudah dipindahkan
3.
dapat
mengembangkan daya imajinasi anak
4.
dapat
merangsang partisipasi aktif anak
5.
dapat
memusatkan perhatian siswa pada kata-kata yang digunakan
6.
siaran
lewat suara terbukti amat tepat cocok untuk mengajarkan musik dan bahasa
7.
radio
dapat menyajikan pengalaman dunia luar kekelas
8.
jangkauannya
luas
9.
mendorong
kreatifitas siswa
kelemahan radio
1. sipat konunikasinya hanya searah
2. biasanya siaran disentralisasikan sehingga
guru tidak dapat mengontrolnya
3. penjadwalan pelajaran dan siaran sering
menimbulkan maslah. Integrasi siaran radio kedalam kegiatan belajar mengajar di
kelas sering kali menyulitkan ( sadiman, 2005: 52 )
b.
alat
perekam pita magnetik
alat perekam pita magnetik adalah salah stu media pembelajaran yang tidak dapat
diabaikan untuk menyampaikan informasi
kelbihannya
1.
mempunyai
pungsi ganda dan efektif sekali untuk merekan
2.
dapat
diputar berulang ulang
3.
dapat
dihapus secara otomatis
4.
dapat
digunakan sesuai jadwal yang ada
kelebihan nya
1.
daya jangkauannya terbatas ditempat program yang disajikan
2.
biaya pengadaannya bila untuk sasaran yang lebih banyak jauh lebih mahal
( sadiman, 2005: 54 )
c. laboratorium bahasa
laboratorium bahasa adalah alat untuk
melatih siswa mendengar dan berbicara dalam bahasa asing dengan cara menyajikan materi pelajaran yang disiapkan
sebelumnya. Media yang dipakai adalah alat perekam ( sadiman, 2005 : 55).
Dalam labor bahasa siswa duduk
sendiri-sendiri didalam kotak bilik agustik dan kotak suara. Siswa mendengarkan
suara guru yang duduk diruang control lewat headphone.
d. Media kinestik
Media kinestik adalah media yang penggunaan
dan fungsinya memerlukan sentuhan antara guru dan siswa atau perlu perasaan
mendalam agar pesan pembelajaran bisa diterima dengan baik. Biasanya media
jenis ini lebih menekankan pengalaman dan analisis suasana dalam penerapannya.
Sebab media tidak hanya bersifat fisik saja , tetapi lingkungan dan suasana
juga bagian dari media pembelajaran[2]
Jenis media kinestetik
a. Dramatisasi
b. Demonstrasi
c. Permainan dan simulasi
d. Karya wisata
e. Kemping atau perkemahan sekolah
f. Survey masyarakat
B.
Jenis media ditinjau dari penggunaan
1. Media proyeksi
Media proyeksi adalah media yang
menggunakan proyektor sehingga gambar Nampak pada layar, artinya penggunaan
media ini tergantung pada alat bantu proyektor untuk menghubungkan dan
menyampaikan kepada penerima pesan
Jenis media proyeksi :
a. Proyektor transparansi
b. Film
c. Film bingkai ( slide )
d. Film rangkai ( film strip )
e. Proyektor tidak tembus pandang
2. Media nonproyeksi
Media nonproyeksi adalah media yang
penggunaanya tidak tidak memerlukan bantuan proyektor. Media ini sudah bisa
digunakan secara mandiri tanpa memerlukan bantuan alat lain. Media nonproyeksi
ini paling banayak digunakan guru dalam pembelajaran
Jenis-jenis media non proyeksi
a. Wallsheets
b. Buku cetak
c. Papan tulis
BAB III
KESIMPULAN
Mendia visual merupakan media yang paling familiar dan sering
dipakai oleh guru dalam melakukan pembelajaran. Media berbasis visual memegang
peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran.
Ada beberapa prinsip
umum yang perlu diketahui untuk penggunaan media berrbasis visual
k.
Usahakan
visual itu sederhana
l.
Visual
digunakan untuk menekankan informasi, sehingga pembelajaran dapat terlaksana
dengan baik.
m.
Gunakan
grafik untuk menggambarkan ikhtisar keseluruhan materi sebelum penyajian unit
demi unit pelajaran untuk digunakan oleh siswa dalam mengorganisasikan
informasi
n.
Ulangi
penyajian visual dan lubatkan siswa
o.
Gunakan
gambar untuk melukiskan perbedaan
p.
Hindari
visual yang tidak berimbang
q.
Tekankan
kejelasan dan ketepatan dalam semua visual
r.
Visual
yang diproyekskan harus dapat terbaca
s.
Unsur
visual dalam pesan harus ditonjolkan
t.
Warna
harus digunakan secara realistik
Media kinestik adalah media yang penggunaan
dan fungsinya memerlukan sentuhan antara guru dan siswa atau perlu perasaan
mendalam agar pesan pembelajaran bisa diterima dengan baik. Biasanya media
jenis ini lebih menekankan pengalaman dan analisis suasana dalam penerapannya.
Sebab media tidak hanya bersifat fisik saja , tetapi lingkungan dan suasana
juga bagian dari media pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Musfiqon, Muhammad, pengembangan media pembelajaran, Jakarta : prestasi pustaka, 2012
Harsja, bachtiar, media pendidikan, Jakarta : PT, Raja Grapindo
Yang satu ini juga bagus untuk dibaca terkait media pembelajaran berupa gambar:
BalasHapusBerbagai Jenis Media Gambar Untuk Pembelajaran