Jumat, 28 Desember 2012

PRINSIP DAN KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN


BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar belakang
Memilih media yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tidaklah mudah, selain memerlukan analisis mendalam dengan mempertimbangkan berbagai aspek juga di butuhkan prinsip – prinsip tertentu agar pemilihan media bisa lebih tepat. Pada bagian sebelumnya guru harus mempertimbangkan landasan filosofis,psikologis , dan sosiologis dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran. Setelah landasan pemilihan dan penggunaan telah sesuai, pemilihan media juga perlu merujuk pada prinsip – prinsip tertentu.
Ada tiga prinsip utama yang bisa di jadikan rujukan bagi guru dalam memilih media pembelajaran yaitu : 1). Prinsip efektivitas dan efisiensi . 2). Prinsip relevansi dan 3). Prinsip produktivitas .

2.      Rumusan masalah
1.      Jelaskan prinsip memilih media ?
2.      Apa saja kriteria pemilihannya ?
3.      Bagaimana model dan prosedur pemilihan media ?


BAB II
PRINSIP DAN KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.    Prinsip memilih media
1.      Prinsip efektifitas dan efesiensi
Dalam konsep pembelajaran,efektipitas adalah keberhasilan pembelajaran yang di ukur dari tingkat ketecapaian tujuan setelah pembelajaran selesai dilaksanakan. Jika semua tujuan pembelajaran telah tercapai maka pembelajaran disebut efektif, sedangkan efesiensi adalah tujuan pencapaian tujuan pembelajaran dengan menggunakan media, waktu dan sumber daya lain seminimal mungkin.
Media yang telah memenuhi aspek efektifitas dan efesiensi ini tentunya akan meningkatkan ketertarikan siswa dalam belajar  dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Materi yang disampaikan melalui media ini juga akan lebih mudah diserap anak didik.
2.      Prinsif relevan
Relevansi  ini ada dua macam yaitu relevansi kedalam dan relevansi keluar. Relevansi kedalam adalah pemilihan media pembelajaran yang mempertimbangkan kesesuaian dan sinkronisasi antara tujuan, isi, strategi dan evaluasi materi pembelajaran. Relevansi kedalam juga mempertimbangkan pesan guru, siswa, dan desain media yang akan digunakan dalam pembelajaran
Relevansi keluar adalah pemilihan media yang disesuaikan dengan kondisi perkembangan masyarakat . media yang dipilih diseduaikan dengan apa yang biasa digunakan masyarakat secara luas
Media yang relevan secara internal dan ekternal ini akan meningkatkan fungsi dan manfaat media itu sendiri.
3.      Prinsif produktifitas
Produktifitas dalam pembelajaran dapat dipahami pencapaian tujuan pembelajaran secara optimal dengan menggunakan sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Jika media yang digunakan bisa menghasilkan dan mencapai target dantujuan pembelajaran lebih bagus dan banyak maka media tersebut dikategorikan media produktif
Dalam memilih media perlu dipertimbangkan prinsip produktifitas . tentunya media yang produktiflah yang seharusnya digunakan guru dalam melakukan pembelajaran. Semakin produktif media yang digunakan maka akan semakin cepat dan tepat tujuan pembelajaran yang terealisasikan

B.     Kriteria pemilihan
1.      Kesesuaian dengan tujuan
Pembelajaran dilaksanakan dengan mengacu pada tujuan yang telah dirumuskan. Maka pemilihan media hendaknya menunjang pencapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan tersebut . media dipilih berdasarkan tujuan intruksional  yang telah di tetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau dua dan tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan yang dirumuskan ini adalah kriteria yang paling pokok, sedangkan tujuan pembelajaran yang lain merupakan kelengkapan dari kriteria utama
2.      Ketepatgunaan
Tepat guna dalam konteks media pembelajaran diartikan pemilihan media telah didasarkan pada kegunaan. Jika media itu dirasa kurang tepat dan belum berguna malka tidak perlu di pilih dan di gunakan dalam pembelajaran.
3.      Keadaan peserta didik
Kriteria pemilihan media yang baik adalah disesuaikan dengan keadaan peserta didik, baik keadaan psikologis, filosofis, maupun sosiologis anak, sebab media yang tidak sesuai dengan keadaan anak didik tidak akan membantu banyak dalam memahami materi pembelajaran.
4.      Ketersediaan
Walaupun suatu media dinilai sangat tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran, media tersebut tidak dapat di gunakan jika tidak tersedia, menurut Wilkinson, media merupakan alat mengajar dan belajar, peralatan tersebut ketika dibutuhkan untuk memenuhi keperluan siswa dan guru.
Jangan sampai seorang guru menentukan dan memilih media yang tidak tersedia di sekolahan. Jika guru tidak mampu membuat dan memproduksi media maka pilihlah media alternative yang tersedia di sekolahan tersebut untuk menjelaskan materi pembelajaran.

C.    Model / prosedur pemilihan media
Dilihat dari bentuknya cara-cara memilih media dibagikan mennjadi tiga kelompok
1.      Model flowchart yang menggunakan system pengguguran atau eleminasi dalam pengambilan keputusan
2.      Model matriks, yang menangguhkan proses pengambilan keputusan pemilihan sampai seluruh kriteria pemilihan nya diidentifikasi
3.      Model cheklish yang juga menangguhkan keputusan pemilhan sampai semua kriterianya dipertimbangkan.
Anderson melihat pemilihan media sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengembanan intruksional. Untuk keperluan itu dia membagi media dalam sepuluh kelompok
1.      Media audio
2.      Media cetak
3.      Media certak bersuara
4.      Media proyeksi ( visual )
5.      Media proyeksi dengan suara
6.      Media visual gerak
7.      Media audio visual  gerak
8.      Objek
9.      Sumber manusia dan lingkungan
10.  Media computer

Prosedur pemilihannya dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan apakah pesan yanh akan di sampaikan bersifat informasi / hiburan atau pesan intruksional, bila pesan intruksional yang akan ditampilkan, apakah akan berfungsi sebagai sarana belajar ( media ) atau sarana mengajar ( peraga ), prosedur selanjutnya adalah menentukan strategi intruksional nya, yaitu apakah ingin memberikan pegalaman belajar sikap, keterampilan fisik atau kognitif.


BAB III
KESIMPULAN

A.    Prinsip memilih media
1.      Prinsip efektifitas dan efesiensi
2.      Prinsip relevan
3.      Prinsip produktivitas
B.     Kriteria pemilihan
1.      Kesesuaian dengan tujuan
2.      Ketepatgunaan
3.      Keadaan peserta didik
4.      Ketersediaan

C.    Model / prosedur pemilihan media
Dilihat dari bentuknya cara-cara memilih media dibagikan mennjadi tiga kelompok
4.      Model flowchart yang menggunakan system pengguguran atau eleminasi dalam pengambilan keputusan
5.      Model matriks, yang menangguhkan proses pengambilan keputusan pemilihan sampai seluruh kriteria pemilihan nya diidentifikasi
6.      Model cheklish yang juga menangguhkan keputusan pemilhan sampai semua kriterianya dipertimbangkan.
Anderson melihat pemilihan media sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pengembanan intruksional. Untuk keperluan itu dia membagi media dalam sepuluh kelompok
11.  Media audio
12.  Media cetak
13.  Media certak bersuara
14.  Media proyeksi ( visual )
15.  Media proyeksi dengan suara
16.  Media visual gerak
17.  Media audio visual  gerak
18.  Objek
19.  Sumber manusia dan lingkungan
20.  Media computer











DAFTAR PUSTAKA
Musfiqon, Muhammad, pengembangan media dan sumber pembelajaran,Jakarta : prestasi pustaka, 2012
Harsja, bachtiar, media pendidikan, Jakarta : PT Raja GRAP

3 komentar:

  1. Ayoo Main di Pelangi Togel
    TOTAL HADIAH RATUSAN JUTAAN UNTUK DIBAGIKAN

    KEPADA MEMBER PERMAINAN TOGEL
    - Semua Pasti Menang Dan dapat ^_^ , No Zonk

    BURUAN MERAPAT DIJAMIN TIDAK MENYESAL :)
    *BONUS REFFERAL 1%
    *DISKON Pemasangan
    * 4D : 66%
    * 3D : 59%
    * 2D : 29%
    Minimal Deposit : Rp.50.000
    Minimal Withdraw : Rp.100.000
    Berapapun Jumlah Kemenangan pasti kami bayar
    Aman dan terpercaya :D

    promo :
    1. Bonus New Member
    Deposit : 50.000 Bonus 5.000
    Deposit : 100.000 Bonus 10.000
    Syarat jika ingin WD berlaku kelipatan 3x Deposit + Bonus

    contoh :
    Deposit 100.000 + Bonus 10.000 x 3 = 330.000

    jika belum mencapai syarat maka akan kami tarik kembali Bonus depositnya sebesar 10.000
    Misalnya Jika belum mencapai syarat bos ingin WD 300.000 Maka kami tarik 10.000 dan akan kami kirim dana 290.000


    2. Bonus Jackpot untuk Pasaran SGP Minimal Deposit 50.000 Jika Ingin Mengikuti JP.

    Contoh Bank BCA
    Misalnya : No rek yang terdaftar member 1234567890

    Maka JP akan diberikan bila angka result SGP dengan keluaran 4 digit no belakang yang pas dengan nomor rekening member

    Contoh : keluaran result SGP

    -4digit = 7890
    -3 digit = 890
    -2 diti= 90

    Misalnya JP kami berikan

    4 DIGIT = 500.000
    3 DIGIT = 300.000
    2 DIGIT = 70.000

    Maka Jika No rek Member yang Terdaftar dan Sudah Betting. member berhak Mendapatkan JP jika No result yang keluar pass Dengan No 4 angkat belakang no rekening Member

    JP/Undian hanya belaku Jika member melakukan betting/bermain Di togelpelangi

    Contoh :
    1 : No Rek Member :1234567890
    Result : 7890
    Member menang JP Dengan 4 DIGIT Angka = 500.000

    2 : No Rek Member :1234567890
    Result : 1890
    Member Menang JP 3 DIGIT Angka = 300.000

    3 : No Rek Member :1234567890
    Result : 7790
    Member Menang JP 2 DIGIT Angka = 70.000

    JP Akan Dibatalkan atau Dinyatakan Tidak sah Jika kami Menemukan kecurangan Yang Terdapat dengan No rekening tersebut, Misalnya Member menggunkan 2 Rekening Dengan Bank yang berbeda namun Dengan nama rekening yang sama, maka pihak togel pelangi dapat membatalkan Jp yang telah di dapatkan member. Dan Tidak Dapat Di ganggu gugat,

    SALAM JACKPOT TOGELPELANGI

    Info Kontak :

    Telp : +85581569708
    BBM : D8E23B5C
    Line : togelpelangi
    Skype: Togel Pelangi
    Link: http://www.togelpelangi.com/
    1. Bonus New Member
    Deposit : 50.000 Bonus 5.000
    Deposit : 100.000 Bonus 10.000
    Syarat jika ingin WD berlaku kelipatan 3x Deposit + Bonus

    contoh :
    Deposit 100.000 + Bonus 10.000 x 3 = 330.000

    jika belum mencapai syarat maka akan kami tarik kembali Bonus depositnya sebesar 10.000
    Misalnya Jika belum mencapai syarat bos ingin WD 300.000 Maka kami tarik 10.000 dan akan kami kirim dana 290.000


    2. Bonus Jackpot untuk Pasaran SGP Minimal Deposit 50.000 Jika Ingin Mengikuti JP.

    Contoh Bank BCA
    Misalnya : No rek yang terdaftar member 1234567890

    Maka JP akan diberikan bila angka result SGP dengan keluaran 4 digit no belakang yang pas dengan nomor rekening member

    Contoh : keluaran result SGP

    -4digit = 7890
    -3 digit = 890
    -2 diti= 90

    Misalnya JP kami berikan

    4 DIGIT = 500.000
    3 DIGIT = 300.000
    2 DIGIT = 70.000

    Maka Jika No rek Member yang Terdaftar dan Sudah Betting. member berhak Mendapatkan JP jika No result yang keluar pass Dengan No 4 angkat belakang no rekening Member

    JP/Undian hanya belaku Jika member melakukan betting/bermain Di togelpelangi

    Contoh :
    1 : No Rek Member :1234567890
    Result : 7890
    Member menang JP Dengan 4 DIGIT Angka = 500.000

    2 : No Rek Member :1234567890
    Result : 1890
    Member Menang JP 3 DIGIT Angka = 300.000

    3 : No Rek Member :1234567890
    Result : 7790
    Member Menang JP 2 DIGIT Angka = 70.000

    JP Akan Dibatalkan atau Dinyatakan Tidak sah Jika kami Menemukan kecurangan Yang Terdapat dengan No rekening tersebut, Misalnya Member menggunkan 2 Rekening Dengan Bank yang berbeda namun Dengan nama rekening yang sama, maka pihak togel pelangi dapat membatalkan Jp yang telah di dapatkan member. Dan Tidak Dapat Di ganggu gugat,

    SALAM JACKPOT TOGELPELANGI

    BalasHapus